Sponsored

5 Cara Agar Gaji Tidak Cepat Habis

2016-09-26, 19:47:53 WIB  
Ribut | Duglik
Join: , Post :
Gaji anda tidak terkumpul...? Pernahkah anda mengalami hal ini..??
Berapapun gaji anda besar atau kecil tetap habis juga, berarti kesalahan ada pada diri anda. Sudahkah anda mengelola gaji anda dengan benar..?
Coba tips ini agar gaji anda tidak habis berapapun nominal gaji anda.

1. Bagi-bagi
Menurut perencana keuangan, porsi yang pas untuk mengatur gaji adalah menyisihkan 40 persen untuk kebutuhan pokok, 20 persen untuk simpanan masa depan, dan 10 persen untuk pengeluaran tak terduga, 10 persen untuk amal dan investasi, dan 10 persen untuk hiburan.

2. Memilih Prioritas
Membayar cicilan atau utang merupakan prioritas utama karena jika tidak langsung dibayar, Anda akan dikenai denda. Setelah mengurangi untuk cicilan, prioritas kedua biasanya terdapat pada kebutuhan sehari-hari seperti uang makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan lain sebagainya. 

3. Pisahkan Tabungan
Supaya uang tabungan tidak terpakai, sebaiknya pisahkan rekening tabungan dengan rekening uang belanja. Bila tidak mau uang tabungan terpotong uang administrasi setiap bulannya, saat ini sudah ada produk perbankan syariah tanpa biaya administrasi dan bunga.

4. Siapkan Dana Cadangan
Salah satu hal yang membuat gaji numpang lewat adalah saat terjadi kejadian tak terduga. Misalnya Anda jatuh sakit dan asuransi kesehatan tidak menanggung biaya, maka mau tidak mau Anda harus merogoh kocek sendiri. Oleh karenanya, penting untuk memiliki dana cadangan supaya uang tabungan tidak terkuras.

5. Menyisihkan untuk Amal & Investasi
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sisihkan lima persen untuk investasi dan lima persen untuk amal. Misalnya untuk membantu masyarakat yang tidak punya akses kesehatan, kegiatan keagamaan, dan sumbangan untuk bencana alam. 

Semoga tips di atas dapat membantu anda mengelola gaji anda. Sebarkan ke teman anda jika bermanfaat.