Sponsored

Psoriaris Salah Satu Penyakit Kulit Langka

2017-02-05, 06:59:03 WIB  
Ribut | Duglik
Join: , Post :
Psoriaris adalah salah satu penyakit kulit langka yang sampai sekarang masih belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Namun para dokter kulit Amerika sepakat bahwa stres bisa jadi salah satu pemicu psoriasis. Psoriasis diyakini tercipta akibat kelainan autoimun yang mendorong pertumbuhan sel kulit yang tidak normal dan terlalu cepat.

Selain itu juga, ada juga yang berpendapat bahwa Keadaan lingkungan atau faktor tertentu juga dapat memperburuk atau mencetus Psoriasis, seperti trauma (garukan, gesekan), infeksi (kuman streptokokus, HIV), gangguan hormonal, stres emosional, obat-obatan, gangguan metabolisme, sinar matahari, alkohol dan merokok.

Yang perlu diketahui jika anda terkena Psoriasis adalah jaga emosi, karena stress merupakan salah satu yang bisa memengaruhi sistem imun tubuh. Begitu juga dengan terciptanya penyakit Psoriasis yang kemungkinan besar stress-lah penyebab utamanya.

Stres psikis atau fisik itu bisa memicu psoriasis, jadi harus di manage. Bisa dengan meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga atau relaksasi.” Ungkap Dokter spesialis kulit dan kelamin, Windy Keumala Budianti.



Yang membuat tidak nyaman dari penyakit Psoriasis ini adalah lokasi psoriasis pada bagian tubuh yang bisa menyebar mulai dari kulit daerah siku dan lutut, kulit kepala, punggung, pinggul belakang, bokong, bahkan daerah alat kelamin.

Dan juga, Psoriasis adalah memiliki sifat menahun. Artinya penyakit ini adalah penyakit yang harus diterima oleh penderitanya seumur hidup. Tetapi masih ada kemungkinan untuk terbebas dari jeratan Psoriasis dengan melakukan pengobatan.

Pengobatan yang bisa digunakan adalah Agen sistemik :Methotrexate, golongan antimetabolit, Sintesis retinoid, dan siklosporin, Analog vitamin D, Sinar UV-B, Psoralen PUVA (UV-A) dan untuk terapinya bisa melakukan olahraga rutin, relaksasi, berkumpul bersama dengan keluarga, mencari hiburan yang bertujuan agar mengusir stres