Sponsored

Mukomuko Akan Gelar Tes HIV AIDS

2017-04-16, 16:30:01 WIB  
Ribut | Duglik
Join: , Post :
Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan kembali menggelar tes HIV/AIDS bagi sejumlah warga setempat yang bermukim di lokasi-lokasi yang diduga rawan tertular penyakit itu.

“Kami akan menggelar tes HIV/AIDS bagi warga di lokasi yang berpotensi menjadi tempat penyebaran penyakit ini seperti tempat hiburan malam dan panti pijat,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Dolatta Karo Karo di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan telah melakukan deteksi dini penderita baru penyakit ini terhadap 700 warga dengan cara tes darah jari, namun semua warga itu negatif HIV/AIDS.

Ia mengatakan instansi itu juga mewajibkan seluruh ibu hamil menjalani tes darah jari sebagai upaya untuk mendeteksi dini penyakit ini pada ibu hamil.

Selanjutnya, ia mengatakan, instansi itu akan melakukan deteksi dini terhadap orang-orang yang berpotensi tertular penyakit ini.

Ia menyatakan instansi ini melaksanakan kegiatan ini karena sudah ada 22 penderita HIV/AIDS di daerah itu. Mereka ini penderita HIV/AIDS yang lama.

Ia menyatakan pihaknya melibatkan seluruh petugas medis di 17 puskesmas dalam mengambil sample darah jari warga masyarakat setempat.

“Semua petugas puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan ikut bersama-sama membantu melakukan deteksi dini penderita baru HIV/AIDS di daerah ini,” ujarnya. (ant)